Pedoman Memilih dan Menyusun  Bahan Ajar, Masalah penting yang sering dihadapi guru dalam kegiatan  pembelajaran adalah memilih atau menentukan materi pembelajaran atau  bahan ajar yang tepat dalam rangka membantu siswa mencapai kompetensi.
Hal  ini disebabkan oleh kenyataan bahwa dalam kurikulum atau silabus,  materi bahan ajar hanya dituliskan secara garis besar dalam bentuk  “materi pokok”. 
Menjadi tugas guru untuk  menjabarkan materi pokok tersebut sehingga menjadi bahan ajar yang  lengkap. Selain itu, bagaimana cara memanfaatkan bahan ajar juga  merupakan masalah. Pemanfaatan dimaksud adalah bagaimana cara  mengajarkannya ditinjau dari pihak guru, dan cara mempelajarinya  ditinjau dari pihak murid.
Berkenaan  dengan pemilihan bahan ajar ini, secara umum masalah dimaksud meliputi  cara penentuan jenis materi, kedalaman, ruang lingkup, urutan penyajian,  perlakuan (treatment) terhadap materi pembelajaran, dsb.
Masalah lain yang berkenaan dengan bahan ajar adalah memilih sumber di mana bahan ajar itu didapatkan. 
Ada kecenderungan sumber bahan  ajar dititikberatkan pada buku. Padahal banyak sumber bahan ajar selain  buku yang dapat digunakan. Bukupun tidak harus satu macam dan tidak  harus sering berganti seperti terjadi selama ini. Berbagai buku dapat  dipilih sebagai sumber bahan ajar.
Termasuk masalah yang sering  dihadapi guru berkenaan dengan bahan ajar adalah guru memberikan bahan  ajar atau materi pembelajaran terlalu luas atau terlalu sedikit, terlalu  mendalam atau terlalu dangkal, urutan penyajian yang tidak tepat, dan  jenis materi bahan ajar yang tidak sesuai dengan kompetensi yang ingin  dicapai oleh siswa. 
Berkenaan dengan buku sumber  sering terjadi setiap ganti semester atau ganti tahun ganti buku  Sehubungan dengan itu, perlu disusun rambu-rambu pemilihan dan  pemanfaatan bahan ajar untuk membantu guru agar mampu memilih materi  pembelajaran atau bahan ajar dan memanfaatkannya dengan tepat. 
Ramburambu  dimaksud antara lain berisikan konsep dan prinsip pemilihan materi  pembelajaran, penentuan cakupan, urutan, kriteria dan langkah-langkah  pemilihan, perlakuan/pemanfaatan, serta sumber materi pembelajaran. 
Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar veri PDF selengkapnya didownload disini
atau versi PowerPoint
  silahkan download disini
 silahkan download disini  
 
atau versi PowerPoint
 
 










